Minggu, 23 Desember 2018

Daur Air,Manfaat Air,dan Cara Menghemat Air

Daur Air,Manfaat Air,dan Cara Menghemat Air

1.Daur air


Taukah kamu,apa yang terjadi dengan air yang jatuh ke atas tanah atau permukaanbumi? sebagian air tersebut akan mengalir menuju laut melalui sungai.Air yang meresap melalui tanah dapat muncul kembali ke permukaan tanah sebagai mata air.Adapun air yang berubah menjadi es.Tahukah kamu dari mana datangnya hujan atau salju.
    Sinar matahari akan menguapkan air yang ada di laut sungai dan danau.Demikian juga air dari tanah dan tumbuhan yang berada di darat.Air tersebut akan menjadi uap air dan naik ke angkasa menjadi awan.Hal itu disebut penguapan.Di angkasa,awan yang mengandung uap air mengalami pembekuan sehingga membentuk butiran butiran air.Hal itu terjadi,karena semakin tinggi tempat di permukaan bumi,maka semakin rendah suhu udaranya.
     Mengingat butiran air lebih berat daripada udara,butiran air tersebut akan jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan.Air yang jatuh,sebagian akan diserap oleh tanah,sebagian menggenang di permukaan bumi berua danau atau kolam.Sebagian lagi,mengalir ke sungai hingga laut.Proses ini disebut daur air
Air : Daur Air

2.Kegiatan Manusia Yang Memengaruhi Daur Air

Air tidak akan habis meskipun terus digunakan.Hal ini dikarenakan air mengalami proses pendauran.Daur air akan terus berlangsung selama ada sinar matahari.
Air : Penebangan Pohon Secara Liar
   Kegiatan manusia sangat berpengaruh pada daur air.Salah satunya adalah penebangan pohon secara liar.Penebangan hutan secara berlebihan dapat menyebabkan tanah menjadi kering dan tandus.Air sulit meresap pada tanah tandus.Jika hujan terjadi,air hujan langsung mengalir ke tempat yang lebih rendah.Air ini terus mengalir hingga sampai ke laut.Air yang menglir akan mengikis tanah lapisan atas bahkan dapat menyebabkan bencana banjir

3.Manfaat Air dan Cara Menghematnya

Air samgat penting bagi kehidupan manusia.Sembilan puluh persen tubuh manusia terdiri dari air.Air digunakan untuk minum.Tanpa air manusia tidak akan hidup.
   Air yang keluar dari mata air akan mengalir kedaerah yang lebih rendah.Mata air banyak di temukan di kaki gunung.Untuk memudahkan dalam pemanfaatan air,maka di buat lah bendungan,bendungan berfungsi untuk mengatur pembagian air.
Bendungan
   Air yang di tampung oleh bendungan dapat dimanfaatkan untuk irigasi.Irigasi sangat penting bagi petani.Petani akan lebih mudah mengairi lahan pertaniannya.Selain itu,air bendungan dapat dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik.Air tersebut bisa digunakan untuk memutar turbin.Turbin berfungsi untuk mengubah energi air menjadi energi listrik.Energi listrik dapat memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
   Meskipun air tidak akan habis,kita harus senantiasa menghematnya.usaha usaha yang harus dilakukan untuk menghemat air adalah sebagai berikut.
a.Gunakan air secukupnya ketika mandi,mencuci piring,dan mencuci pakaian 
b.Ketika menyiram tanaman ,air jangan sampai menggenangi tanah
c.Sebaiknya mandi menggunakan pancuran.

Nah itu dia teman-teman pembahasan tentang Daur Air,Manfaat air,dan Cara Menghemat Air,jangan lupa share ke teman teman kalian yaa... tulis di komentar kalian mau di bikinin materi apa,semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar