Senin, 17 Desember 2018

Tanah Dan Jenis-Jenisnya

Tanah Dan Jenis-Jenisnya

A.Tanah

Apa itu Tanah?Tanah merupakan lapisan penting atas pada permukaan bumi.Manusia,hewan dan tumbuhan memerlukan tanah untuk tempat hidup.Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bertahan hidup tanpa ada lapisan tanah.Lapisan tanah juga menyediakan bahan bahan makanan dan mineral guna pertumbuhan tanaman.Tumbuhan kemudian dimanfaatkan hewan dan manusia.

1.Pembentukan Tanah Akibat Pelapukan

  Tanah terdiri atas batuan batuan dan sisa mahkluk hidup yang telah lama mati.Batuan ini lama-kelamaan mengalami pelapukan.Batuan yang lapuk dan sisa mahkluk hidup yang telah mati ini akan terurai menjadi tanah oleh bakteri pengurai.Pelapukan batuan dapat pula disebabkan oleh cuaca yang berubah-ubah.Lumut pun yang dapat merusak batuan.

2.Bagian-Bagian Tanah

  Tanah merupakan bagian dari kerak bumi.Kerak bumi terdiri ataas lapisan atas,lapisan tengah,lapisan bawah,dan lapisan induk.
Tanah,Air,Dan Alam Sekitar
 a. Lapisan atas,merupakan lapisan yang terbentuk dari hasil pelapukan batuan dan sisa sisa mahkluk hidup yang telah mati.lapisan itu merupakan tanah yang paling subur.
b.lapisan tengah,terbentuk dari campuran antara hasil pelapukan bantuan dan air.lapisan tersebut terbentuk karena sebagian bahan lapisan atas terbawa oleh air dan mengedap.lapisan ini biasa disebut tanah liat
c.lapisan dibawah,merupakan lapisan yang terdiri atas bongkahan -bongkahan batu.disela -sela bongkahan terdapat hasil pelapukan batuan..jadi ,masih ada batu  yang belum melapuk secara sempurna.
d.lapisan batuan induk,berupa bebatuan yang padat.jika kamu ingin mengetahui susunan lapisan tanah

3.Jenis-Jenis Tanah

Penyerapan air kedalam tanah bergantung pada jenis tanah.Berikut,akan di jelaskan jenis-jenis tanah yang dapat kamu temukan di sekitarmu.

 a.Tanah Humus
    Tanah humus mengandung unsur hara tinggi sehingga sangat baik untuk lahan pertanian
     1.)berasal dari pelapukan sisa hewan dan tumbuhan yang membusuk
     2.)berwarna kehitaman
     3.)sangat baik untuk lahan pertanian
     4.)kemampuan menyerap airnya sangat tinggi
     5.)dapat menggemburkan tanah
b.Tanah liat atau Tanah Lempung
   Tanah liat atau Tanah Lempung adalah parikel mineral berkerangka dasar silikat yang berdiameter 4 mikrometer.
     1.)butiran-butiran tanahnya halus
     2.)setiap butiran saling melekat satu sama lain,sehingga jika basah akan lengket
     3.)sukar menyera air
     4.)sering dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan,seperti pot bunga,magkuk,dan                       cerek.Dalam penggunaannya,tanah liat yang telah dibentuk dipanaskan supaya kering dan kuat
     5.)tumbuhan sulit tumbuh di tanah liat
c.Tanah Berpasir
   Tanah berpasir biasanya digunakan untuk bahan membangun rumah.Tanah ini di campur dengan semen untuk memasang batu bata
   Tanah berpasir merupakan tanah yang:
     1.)butiran pasirnya sangat banyak
     2.)mudah menyerap air
     3.)tumbuhan sulit tumbuh di tanah berpasir
d.Tanah Vulkanik
   Tanah Vulkanik biasanya terdapat di sekitar gunung berapi,seperti gunung merapi di jawa tengah dan galunggung di jawa barat.
   Tanah vulkanik merupakan tanah yang :
     1.)banyak mengandung unsur hara
     2.)warnanya lebih gelap
     3.)berasal dari gunung merapi yang meletus
     4.)sangat mudah menyerap air
     5.)sangat subur untuk lahan pertanian

setiap jenis tanah memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menyerap air.Tanah yang berasal dari kebun atau persawahan sangat mudah menyerap dan menyimpan air.Selain itu,tanah kebun juga banyak mengandung humus.Tanah liat dan Tanah berpasir sulit menyerap air.Namun,ada tumbuhan yang dapat hidup di tanah berpasir,yaitu kaktus


4.Pengikisan Tanah (Erosi)

   Banjir dapat disebabkan oleh erosi atau pengikisan tanah.Banjir dapat terjadi karena kemiringan tertentu dari permukaan tanah.pengikisan tanah dapat disebabkan oleh air,es,dan angin.
   Erosi dapat menyebabkan tanah longsor.Tanah itu akan bergerak ke daerah di bawahnya.Akan sangat berbahaya jika daerah di bawahnya terdapat pemukiman penduduk.Erosi bisa di sebabkan oleh tanah yang gundul.Tanah yang gundul dikarenakan banyak pohon yang ditebang secara liar.Penebangan pohon dengan cara ini disebut ilegal logging.Jika hujan terjadi,tanah bagian atas akan mudah terkikis,sehingga terjadilah erosi.


0 komentar:

Posting Komentar