Minggu, 30 Desember 2018

Pesawat Sederhana

Pesawat Sederhana

   untuk memudahkan perkerjaan sehari hari anda, kita memerlukan alat bantu. alat tersebut membuat pekerjaan menjadi ringan. alat ini dinamakan pesawat sederhana. pernahkah kamu melakukan kegiatan seprti mnggunting kain menggunting kuku dan mencabut paku yang mendempel di kayu?
   memotong kain dengan gunting akan lebih mudah dari pada memotomg kain  dengan cara menyobek dengan tangan. begitupula dengan menggunting kuku dan mencabut paku. mencabut paku lenih mudah jika menggunakan tang.
   gunting dan palu merupakan contoh pesawat sederhana. hanya dengan tenaga yang kecil, kamu dapat melakukan suatu pekerjaan dengan mudah.
   pesawat sederhan ada 3 jenis yaitu pengungkit (tuas),bidang miring,dan katrol. agarkamu lenih memahami pesawat sederhana, pelajari pembahasan berikut.

1. Pengungkit (tuas)

   Pengungkit biasanya berupa batang yang di pasang pada sebuah penumpu.Ujung-ujung batangnya bebas bergerak.Ketika kamu mendorong atau menarik pengungkit,artinya kamu memberikan gaya pada pengungkit.Gaya yng kamu berikan di sebut kuasa.titik tempat kuasa disebut titik kuasa.titik tempat beban disebut titik beban.
   Jarak antara titik beban dan titik tumpu disebut jarak beban atau lengan beban.Adapun jarak antara titik tumpu dan titik kuasa disebut jarak kuasa atau lengan kuasa.Pesawat Sederhana
A = Titik Kuasa
B = Titik Beban
C = Titik Tumpu
BC = Lengan Beban
AC = Lengan Kuasa

Tuas atau pengungkit ada 3 jenis,yaitu tuas jenis pertama,tuas jenis kedua,dan tuas jenis ketiga.

a.Tuas Jenis Pertama

   Amatilah sebuah gunting.Pegangan gunting merupakan titik kuasa,pisau guntingnya merupakan titik beban,sedangkan titik tumpunya terletak di tengah-tengah.
Pesawat sederhana
   Selain gunting,alat yang termasuk tuas jenis pertama adalah gunting kuku dan tang.

b.Tuas Jenis Kedua

   Tuas jenis kedua adalah tuas dengan titik beban terletak di antara titik tumpu dan titik kuasa.Contohnya pembuka tutup botol,pemecah buah kenari,dan gerobak dorong beroda satu yang biasa di gunakan untuk mengangkut batu atau pasir.
Pesawat Sederhana

c.Tuas Jenis Ketiga

   Apakah kamu pernah melihat sekop?.Tukang bangunan biasanya menggunakan sekop untuk memindahkan tanah,semen,atau pasir ke dalam ember atau gerobak dorong.Sekop merupakan salah satu alat yang termasuk tuas jenis ketiga.Pada sekop,titik beban terletak di ujung bagian bawah,titik tumpu terletak di bagian atas,dan titik kuasa terletak di antara titik beban dan titik tumpu.
Pesawat Sederhana
Keterangan :  T  : Titik Tumpu
                       K : Titik Kuasa
                       B : Titik Beban

2.Bidang Miring

   Mungkin kamu pernah melihat tangga.Tangga biasanya digunakan untuk memudahkan kita mencapai tempat yang lebih tinggi.
   Jika kamu menaikkan barang ke atas truk atau mobil akan lebih mudah menggunakan sebilah papan yang di miringkan.Tangga dan papan yang di miringkan merupakan contoh bidang miring.
Pesawat SederhanaPesawat Sederhana
   Selain tangga dan papan yang di miringkan,kapak dan jalanan di pegunungan yang berbelok-belok juga termasuk bidang miring.Pernahkah kamu ke puncak,jawa barat?jalan di ouncak dibuat melandai dan berbelok-belok.pengemudi akan lebih mudah mengendarai kendaraannya di jalan yang landai meskipun berbelok-belok dan panjang dari pada jalan yang naik.

3.Katrol

   Katrol adalah pesawat sederhana yang terbuat dari roda yang tepinya beralur dan dapat berputar pada porosnya.Katrol di gunakan untuk memudahkan kita mengangkat benda yang berat.
   Apakah di daerah mu masih banyak orang yang menimba air dari sumur?Bagaimana cara mereka lakukan?
Pesawat Sederhana
   Ketika menimba air dari sumur,ember berisi air diangkat melalui katrol dengan bantuan tali yang dikaitkan pada katrol.Tali ditahan katrol sedemikian rupa agar tidak mudah lepas ketika di tarik.
   Dalam kehidupan sehari-hari,selain untuk menimba air,katrol banyak digunakan di tiang bendera untuk menaikan bendera.Bengkel-bengkel mobil bekas atau bongkar muat peti kemas di pelabuhan banyak menggunakan katrol.Di gudang pabrik,selalu disediakan mobil pengangkut beban yang dilengkapi katrol untuk memindahkan benda dari satu tempat ke tempat yang lain.
Pesawat Sederhana
Katrol terdiri dari 2 jenis,yaitu katrol tetap dan katrol bebas

a.Katrol Tetap

Katrol tetap adalah katrol yang tidak berubah-ubah posisinya,biasanya digantungkanpada suatu tempat yang tetap.
Pesawat Sederhana
   Katrol yang disimpan pada tiang bendera untuk menaikkan bendera merupakan salah satu contoh penggunaan katrol tetap.

b.Katrol Bebas atau Katrol Tunggal Bergerak

                                                             Pesawat Sederhana
Katrol bebas adalah katrol yang dapat berubah-ubah posisinya.Katrol bebas pada gambar di atas tidak digantungkan pada suatu tempat.Gunanya katrol bebas untuk mendapatkan gaya tarik yang lebih ringan dari pada menggunakan katrol tetap.


cukup sekian penjelasan untuk materi pesawat sederhana jangan lupa share dan tinggalkan komen kalian yaa terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar